Nama : Firdinansyah Suroyudhanto
Kelas : 3IA21
NPM : 53413503
Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
Desain Pemodelan Grafik
Bila mendengar sebuah kalimat Desain Permodelan Grafik apa
yang terlintas dipikiran anda? Apakah itu tentang teknik pendesainan? Jika
iya,maka anda sepikiran dengan saya Desain Pemodelan Grafik adalah suatu ilmu yang
mempelajari tentang teknik membuat sebuah objek, memanipulasi gambar dan
membuat sebuah gambar dapat terlihat seperti hidup (bergerak). Proses ini
sepenuhnya dilakukan oleh computer. Kita kini sudah ketahui semua bahwa grafika
computer bukan hanya permodelan 2D saja yang hanya menggambarkan sebuah
penggambaran tampak depan,namun ada pula permodelan 3D yang lebih terlihat
seperti nyata. Itu semua sesuai dengan perkembangan computer yang sangat pesat.
Memang proses pada pemodelan 3D membutuhkan perancangan yang
dibagi dengan beberapa tahapan untuk pembentukannya. Seperti obyek apa yang
ingin dibentuk sebagai obyek dasar, metoda pemodelan obyek 3D, pencahayaan dan
animasi gerakan obyek sesuai dengan urutan proses yang akan dilakukan.
Perkembangan grafis computer telah membuat kita dapat
berinteraksi dengan mudah dengan computer. Perkembangan komputer grafis
memiliki dampak yang besar pada banyak jenis media dan telah merevolusi
industri dibidang animasi dan video game. Istilah komputer grafis telah digunakan
dalam arti luas untuk menggambarkan “segala sesuatu pada komputer yang bukan
berupa teks atau suara”. Biasanya istilah komputer grafik banyak digunakan pada
beberapa hal yaitu pada representasi dan manipulasi data citra oleh
computer,berbagai teknologi yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi
gambar pada gambar yang dihasilkan sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari
metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual.
Saat ini, komputer grafis menghasilkan segala sesuatu yang
banyak berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari. Citra
komputer grafik dapat ditemukan di televisi, di koran, film dsb. Seperti
misalnya dalam laporan cuaca atau dalam
semua jenis penyelidikan medis dan prosedur operasi. Grafis yang dibuat dengan baik dapat
mepresentasikan hal yang terlihat sulit menjadi suatu hal yang mudah dan dapat
mudah dipahami. Grafik juga dapat digunakan dalam media seperti
laporan,thesis,serta tugas-tugas makalah. Untuk mendukung perkembangan ini
telah banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari
komputer grafis. Perangkat-perankat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi
3, yaitu: untuk 2D, 3D, dan animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat
kebanyakan digunakan adalah perangkat 3D ,tetapi tidak sedikit yang masih
menggunakan perangkat komputer grafis
2D. Oleh karena itu Komputer Grafis telah muncul sebagai sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk
mensintesis digital dan memanipulasi konten visual.
Elemen-elemen pembentuk Grafik Geometri
Komputer grafis digunakan untuk meningkatkan transfer dan
memahami informasi dalam ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, pendidikan, dan
bisnis, produksi, dan menampilkan gambar sintetik obyek alam dengan realisme.
Interaksi pengguna dapat ditingkatkan melalui animasi, yang menyampaikan
sejumlah besar informasi dari gambar
yang terlihat hidup.
Animasi secara luas digunakan dalam hiburan, pendidikan,
industri, simulator penerbangan, penelitian ilmiah, dan memungkinkan pengguna
untuk berinteraksi dengan dunia maya. Dengan adanya grafika dan visualisasi
komputer kita dapat mempermudahkan dan mempercepat pekerjaan khususnya dalam
interakasi manusia dengan komputer, karena interaksi sudah berbentuk
gambar/visual (GUI, Graphical user interface) seperti menu atau icon, bukan
lagi dalam bahasa hitam (perintah-perintah yang harus di inputkan) yang sulit
dilakukan. Dengan kata lain menjadi efektif dan efisien.dan juga memperindah
tampilan (lebih menarik) sehingga tidak mudah bosan.
Berikut ini ada beberapa kegiatan yang berhubungan dengan
grafik computer, diantaranya adalah :
Pemodelan geometris
Pemodelan geometris merupakan cabang dari matematika terapan
dan komputasi geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi
matematika bentuk. Bentuk belajar di
pemodelan geometris tersebut kebanyakan 2D atau 3D, karena 2D adalah model yang
penting dalam komputer tipografi dan gambar teknik. Tiga dimensi model adalah pusat
untuk computer aided design dan manufacturing (CAD / CAM), dan banyak digunakan
dalam bidang teknik seperti sipil dan mechanical engineering, arsitektur,
geologi dan medis pengolahan gambar.
Geometris model yang bisa ditampilkan pada computer seperti
shape/bentuk, posisi, orientasi, warna/tekstur, dan cahaya. Pada goemetris
model juga terdapat tingkat-tingkat kesulitan untuk membuat suatu obyek seperti
menghubungkan beberapa bentuk sudut pada permukaan bebas karena bentuk sudut
tersebut harus pas dan teliti ukurannya agar gambar terlihat nyata. Dengan kata
lain menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
Animasi
animasi komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui
penggunaan computer. Animasi yang dulunya mempunyai prinsip yang sederhana,
sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis, yaitu: Animasi 2D dan Animasi
3D. Perbedaan dari animasi 2D dan 3D visual adalah dilihat dari sudut
pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D
visual menggunakan koordinat x, y dan z yang memungkinkan kita dapat melihat
sudut pandang objek secara lebih nyata. Salah satu contoh bentuk animasi 2D
adalah Tom and Jerry dan untuk contoh dalam animasi 3 D adalah Toy Story 2.
Jenis-jenis animasi
Animasi 2D
Animasi 3D
Animasi tanah Hat (Clay Animation)
Animasi Jepang (Anime).
Software Pembuat Animasi
Di pasaran sekarang ini sudah banyak beredar softwarwe
pembuat animasi, baik itu 2D atau 3D. Untuk lebih jelasnya perhatikan daftar
dibawah ini yang disusun berdasarkan kriterianya.
Software Animasi 2 Dimensi:
Macromedia Flash, CoRETAS, Corel R.A.V.E., After Effects,
Moho, CreaToon, ToonBoom, Autodesk Animaton (1990-an) dll
Software Animasi 3 Dimensi:
Maya, 3D Studio Max, Maxon Cinema 4 D, LightWave, Softlmage,
Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings 3D, Carrara, Infini-D,
Canoma dll
Rendering
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses
pemodelan ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah
dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter
tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output. Dengan kata lain
memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
Tipe-Tipe Citra
Grafis Komputer 2D
Grafik komputer 2D
adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan
perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti
segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi
yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar,
kartun,iklan, poster dll.
Pixel Art
Pixel art adalah sebuah bentuk seni digital, yang diciptakan
melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit
pada tingkat pixel. Pixel art dapat
ditemukan pada komputer atau game-game yang relatif tua, dan juga dapat
ditemukan pada telepon genggam.
Vector graphics
Berbeda dengan pixel, grafik vektor merupakan representasi
dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana keunggulannya adalah pada
resolusi berapapun dan tingkat pembesaran apapun gambar yang dihasilkan
tetap(tidak blur atau pecah)
Grafik Komputer 3D
Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3
titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar
tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat
lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada
aloritma-algoritma.
Animasi Komputer
Animasi Komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui
komputer. Biasanya ini digunakan pada
film-film animasi berbudget besar. Tetapi film-film non animasi juga banyak
yang menggunakan teknik ini, sebut saja Lord Of
The Ring, Harry Potter, dsb.
Sumber :
http://neuroindonesian.blogspot.co.id/2011/10/desain-pemodelan-grafik.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
http://en.wikipedia.org/wiki/2D_computer_graphics
http://en.wikipedia.org/wiki/3D_computer_graphics
http://en.wikipedia.org/wiki/Computer_animation
http://en.wikipedia.org/wiki/Graphics
http://www.britannica.com
http://dinifitri.blogspot.com/2010/10/kaitan-antara-desain-pemodelan-grafik.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar