Kamis, 05 Januari 2017

Proposal Bisnis Informatika


RESERVASI HOTEL 
BAB IPENDAHULUAN

1.1.  Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan : AS-SHARIM COMPUTER
Alamat perusahaan : Jl. Kayumas 3 Kaliabang,Bekasi
      No. Telp : (021) 8812733 

1.2.  Nama dan Alamat Pemilik 
Nama pemilik : Fathurahman
Alamat pemilik : Jl. Rawa Bebek RT/02 RW/11, Bekasi
       No. Telp : (021) 8835132

1.3. Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama : Firdinansyah
Alamat : Kp. Rawa Kalong RT/04 RW/09, Bekasi
       No. Telp : (021) 8814142


1.4.  Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan 
       Perusahaan kami berpengalaman dalam Jasa pembuatan program. Jasa yang kami tawarkan memiliki kualitas yang bisa dihandalkan untuk mendukung kelancaran bisnis atau usaha anda. Selain jasa yang bagus kami juga menawarkan harga yang kompetitif untuk anda, sehingga keuntungan bisnis anda bisa semakin tinggi.
      Jasa kami bergerak dibidang pembuatan program, sistem informasi. Berdasarkan pengalaman kami di bidang jasa pembuatan sistem, maka kami mengajukan proposal kerjasama ini kepada anda untuk mendukung kebutuhan bisnis / usaha anda. Untuk konsultasi dan penawaran lebih lanjut jangan ragu untuk menghubungi kami. 
BAB IIRANGKUMAN EKSEKUTIF
 
2.1. Latar Belakang Hotel
 merupakan fasilitas yang sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat meliputi kebutuhan traveling antar kota dalam urusan bisnis maupun wisata. Hotel yang terletak di tengah kota dengan prospek yang menjanjikan tentunya memerlukan suatu system reservasi demi kelancaran pelayanan. Hotel dengan pelayanan yang memuaskan dan menyediakan fasilitas kamar dengan beberapa kelas, laundry, hingga restoran pasti akan banyak dikunjungi para tamu yang akan menginap. Mengingat banyaknya jumlah tamu yang berkunjung, maka masalah dalam pengelolaan informasi persediaan kamar, layanan kamar, laundry hingga restoran menjadi sangat penting. Oleh karena itu, perlu kiranya dibuat sebuah sistem informasi reservasi hotel sehingga pengelolaan informasi persediaan kamar, daftar harga kelas dan layanan kamar, pengelolaan daftar tamu, pencarian daftar tamu dan kamar, pengelolaan daftar tamu cheek-in dan cheek-out, pencetakan laporan harian, mingguan, bulanan dapat dilakukan secara cepat, mudah dan akurat.


2.2. Visi dan Misi Visi  
Solusi bagi masyrakat dalam kebutuhan jasa programming. Misi : Memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kelancaran bisnis dan usaha. Motto : ”AS-SHARIM COMPUTER : The Best For Progamming” 2.3. Lokasi Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di Ruko perumahan Kayumas, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.


2.4. Waktu Operasional
Waktu untuk operasional kami dari hari senin-jum'at pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB.Untuk kerperluan service dan perawatan kami siap datang diluar jam operasional kami. 


2.5. Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High Quality Service” sehingga pelanggan merasa nyaman menggunakan jasa pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali menggunakan pelayanan kami. 

2.6. Konsep Promosi
Membuat sebuah display dipintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi. Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Kami juga memberikan “SPECIAL DEAL” untuk pelanggan yang menjadi member dari perusahaan kami, dimana pelagga akan mendapatkan potongan harga untuk produk yang dibeli. Dengan cara ini kami optimis AS-SHARIM COMPUTER akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
  

2.7. Target Pelanggan

Target pelanggan AS-SHARIM COMPUTER adalah : seluruh kalangan masyarakat yang membutuhkan jasa pembuatan program atau pembuatan sistem informasi, serta kawasan hotel guna untuk memenuhi kebutuhan dari sistem informasi pada hotel, dan mengembangkan dan memperbaiki serta meningkatkan sistem informasinya. 
BAB IIIDESKRIPSI SISTEM 

3.1. Deskripsi Sistem
    Sistem ini merupakan sistem yang dapat melakukan proses pengumpulan data dan penyajian informasi secara otomatis tentang daftar harga kamar dan kelas, data kamar kosong dan yg terisi, data cheek-in cheek-out serta data tamu. Input data dari computer recepsionist dan admin yang akan diproses sehingga menjadi data yang akurat. Keluaran dari system ini berupa data yang bersifat update sehingga dapat membantu kerja resepsionis dan menunjang system administrasi hotel. 

3.2 Teknologi yang Digunakan 
Perangkat keras yang digunakan dalam system ini adalah perangkat keras   yang mendukung proses penerimaan pengolahan data. Perangkat yang dibutuhkan adalah : 1. Perangkat komputer dengan system operasi Windows 10 Premium, prosesor Intel i7 3.8Ghz. 2. Jaringan LAN yg menghubungkan antar computer recepsionist dengan admin. Perangkat Lunak : 

1. Windows 10 Premium sebagai sistem operasi.

2. Java Netbeans

3. MySQL sebagai server database.
 
3.3 Batasan Sistem
Untuk menghindari meluasnya pembahasan dalam system informasi ini, maka penulis memiliki beberapa batasan masalah, antara lain: Sistem Informasi Reservasi Hotel akan dibangun dengan menggunakan program Java Netbeans dan MySQL sebagai server databasenya Pengambilan inputan data berdasarkan data yang diperoleh dari Hotel. Sistem informasi yang akan dibangun hanya menampilkan dan menyajikan informasi data kamar dan kelas yg kosong dan terisi, data tamu, data transaksi cheek-in dan cheek-out, pembuatan laporan kegiatan dan transaksi hotel per-harian, mingguan, bulanan dan sebagainya. 

BAB IVMETODOLOGI KERJA

a.       Survey Kebutuhan
Mempelajari proses bisnis yang berlangsung di Hotel, mengidentifikasi fungsi-fungsi bisnis yang diperlukan sehingga bisa disimpulkan kebutuhan aplikasi perangkat lunak secara pasti

b.      Analisis dan Perancangan Sistem
Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari Context Diagram, DataFlow Diagram (DFD), desain file, desain tabel, relasi tabel dsb sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.

c.       Pemrograman 
     Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat.Jumlah baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga perangkat lunak yang dibuat.

d.      Pengujian
      Dilakukan untuk mengetahui apakah pekerjaan pemrograman telah dilakukan secara benarsehingga bisa menghasilkan fungsi-fungsi yang dikehendaki. Pengujian juga dimaksudkan untuk mengetahui keterbatasan dan kelemahan program aplikasi yang dibuat untuk sebisa mungkin dilakukan penyempurnaan. 
 
e.       Dokumentasi 
     Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi untuk troubleshooting bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dsb. 

f.       Pelatihan 
     Sebelum diserah terimakan ke user, pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih user atau operator /recepsionis /reservasi Hotel yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna di kemudian hari.

g.    Pemeliharaan 
     Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggat waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.

h.      Tenaga Ahli 
     Untuk melaksanakan proyek sistem informasi reservasi Hotel ini disiapkan SDM 4 orang dengan peran rangkap seperti dalam tabel di bawah ini :
Fathurahman : Koordinator Tim
Firdinansyah : SDM kelayakan
Aldi Fadhil : SDM desain fungsi
Galih : SDM training
Beny : Programmer, 

i.         Rencana Anggaran Biaya  


BAB V PENUTUP
          a.   Kesimpulan
Hotel menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya, menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka, dan membuat berbagai laporan-laporan yang  dibutuhkan oleh manajemen dalam mengambil keputusan.

b.    Saran – Saran 
Membangun sistem informasi dibandingkan berdasarkan biaya dan keuntungan secara relatif. Biaya adalah kebutuhan pembayaran untuk perancang dan pengoperasi sistem informasi. Keuntungan adalah nilai atau kondisi tambahan sebagai hasil implementasi sistem informasi.
Anggota Kelompok : 
Fathuraman Hakimi 
Firdinansyah.S
Ibnu Ramadhan 
Galih Pratiwi 
Beny  
 
Referensi :  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar